Media sosial sekarang menjadi sumber komunikasi dan bertujuan untuk menemukan teman yang lama menghilang dan keluarga. Namun keuntungan dan kerugian media sosial ini tergantung kepada user sendiri bagaimana menyikapi. Media Sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lain sebagainya.

Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954. • Akhir-akhir ini banyak dijumpai pemberitaan di media cetak dan elektronik yang memberitakan tentang penyalahgunaan situs jejaring sosial.

Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang anak remaja laki-laki yang membawa kabur seorang anak remaja perempuan yang dikenal lewat situs jejaring sosial (facebook). Selain itu penyalahgunaan situs jejaring sosial (facebook) juga digunakan sebagai ajang prostitusi di kalangan remaja. Selain kedua hal tersebut, masih banyak lagi masalah-masalah yang ditimbulkan dari situs pertemanan sosial.

Keadaan ini sungguh sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat, yakni untuk memperluas hubungan sosial, untuk kebutuhan konsumen atau pemakai, menekankan pada sisi sosial atau eksternal, serta lebih diutamakan sisi emosionalnya (dalam Pengaruh Jejaring Sosial Dalam Masyarakat). • Dampak situs jejaring sosial mungkin lebih banyak dirasakan oleh kalangan remaja, karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adalah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Karena sangat mudah menjadi anggota dari situs jejaring sosial, maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja ataupun hanya coba-coba mendaftarkan dirinya menjadi pengguna situs jejaring sosial tersebut.

Tidak butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses dan membuka situs-situs jejaring sosial tersebut, dan berinteraksi secara pasif di dalamnya. Akibatnya pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa waktu karena terlalu asyik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut. • Yang paling menghawatirkan adalah bahwa pada era teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini, telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penerima dan pemanggil jarak jauh, kini dapat digunakan untuk mengakses internet dan situs jejaring sosial. Jadi siswa tidak perlu lagi ke warnet untuk mengakses situs pertemanan, melainkan dapat mengaksesnya langsung di telepon seluler mereka. Hal ini semakin menambah banyak kasus penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk hal yang tidak sesuai dengan aturan.

  • Kelebihan Media Sosial

Ada begitu banyak cara dimana media sosial telah mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik, diantara nya adalah :

–  Peran dan masa depan media sosial adalah menjaga interaksi sederhana yang lebih mudah diantara manusia. Teman yang telah kehilangan kontak dapat terhubung satu sama lain dan selalu tetap berhubungan. Saya sendiri pun dapat menemukan teman lama dan teman baru yang berada jauh dari tempat saya. Dapat berbicara online dengan orang lain yang berasal dari berbagai negara dan bisa mengenal budaya, bahasa, dan cara hidup mereka. Ini adalah platform terbaik untuk mengenal orang dari tradisi yang berbeda. Media sosial juga mempunyai banyak pengaturan privasi yang membantu orang untuk mengkategorikan teman atau keluarga mereka. Media ini membantu orang tersebut tetap berhubung dengan teman sepanjang waktu dan berbagi bersama.

– Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.

– Komunikasi dengan biaya yang sangat murah

– Menghasilkan uang dari media sosial seperti memanfaatkan jual online di facebook, twitter. Bisa juga untuk mengembangkan dan mempromosikan ide toko online mereka untuk branding.

– Berbagai gambar dan video yang bisa dilihat untuk menjadi inspirasi untuk membuat album dan video, dan mempostingnya di profil anda.

– Media sosial dapat menghilangkan stress karena banyak permainan game online yang ada di media sosial.

 

  • Kerugian Media Sosial

Meskipun media sosial membawa banyak manfaat bagi seluruh orang, namun juga memiliki kekurangan.- Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya. • Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.

– Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.

– Situs jejaring sosial adalah lahan yang subur bagi para orang yang meiliki niat untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru kita dikenal anak kita di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.

– Media sosial mengharuskan orang untuk membuat profil mereka sendiri. Profil tersebut diciptakan dari rincian pribadi seseorang yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak dikenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.