SMA Plus Darussalam Unjuk Gigi di Acara Hari Keselamatan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis 2018

Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis kembali mengadakan acara Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan yang belangsung di kantor Dinas Perhubungan Ciamis pada Kamis (25/07/2018). Pemerintah menyatakan tekadnya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas jalan bagi anak-anak, pelajar, dan komponen masyarakat lainya di Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis menyatakan sudah selayaknya orang tua menunjukan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan bagi pelajar Indonesia. Tema ”Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan” yang sudah di rencanakan sesuai dengan keadaan keselamatan lalu lintas jalan yang digalakkan pemerintah.

Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis mengadakan acara ini dengan rangkaian 22 kegiatan selama 1 bulan penuh dan yang rutin yang paling sering dilaksanakan kegiatan itu adalah pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ). Para peserta mengikuti kegiatan tersebut selama 5  hari dengan berbagai kegiatan lainya.

Puncak pekan keselamatan jalan tersebut diawali dengan Tarian Ketuk 3 dari SMA Cisaga, kemudian dilanjutkan Tari Saman dari SMA Plus Darussalam Ciamis yang turut menjadi penampil pada acara Hari Keselamatan Jalan tersebut. Tari Saman sendiri merupakan salah satu ekstra kulikuler di SMA Plus Darussalam, beranggotakan 16 siswi yang terpilih untuk menjadi penampil sekaligus meraih penghargaan dari Dinas Perhubungan Ciamis sebagai pengisi acara, penghargaan tersebut diterima dan diwakili oleh Nur Fitri Yulia Syamsi, S.Pd. salah satu pengajar sekaligus pembina ekstrakulikuler Tari Saman di  SMA Plus Darussalam Ciamis.

_MG_0145

Selain penampilan Tari Saman yang turut mengisi acara, SMA Plus Darussalam juga menerima penghargaan  di kategori peserta Karya Tulis Ilmiah yang masuk 10 besar atas nama Fatma Fatonah kelas 11 IPA. Lomba Karya Tulis Ilmiah tersebut diikuti 23 peserta dari berbagai sekolah, yang kemudian disaring menjadi 10 besar dan ditampilkan pada acara puncak yakni peserta yang masuk ke 3 besar, peserta yang lolos 10 besar turut diundang pada acara puncak Hari Keselamatan Jalan yang berlangsung di kantor Dinas Perhubungan tersebut sekaligus mendapat penghargaan berupa piagam dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis. Setiap tema dari Karya Tulis Ilmiah yang dibuat peserta mengandung berbagai inovasi untuk lalu lintas mengingat bahwa angka kecelakaan saat ini sangat tinggi, dan sebagai Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan perlu mengingatkan bahwa keselamatan berlalu lintas sangat penting terutama bagi pelajar dan anak-anak.

Kegiatan ini juga mengundang segenap SP3 dari sekolah yang sudah ditentukan, serta 3 angkutan jalan terpilih yang merupakan terbaik diantara yang lainnya, turut diundang beberapa Dinas terkait, serta pemangku kepentingan keselamatan transportasi jalan dan juga pemangku kepentingan dibidang-bidang lainya.

Pemerintah melaksanakan beberapa langkah terkait pemasalahan keselamatan lalu lintas di Indonesia, diantaranya program Zona Selamat Sekolah (ZOSS), program Rote Aman Selamat Sekolah (RASS), penyusunan aturan untuk pembatasan kecepatan, dan pembentukan komunitas masyarakat sadar keselamatan.

(Ciamis, 30/07/2018 | Aini Khairunnisa - Journalist Plus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.